Cara Optimasi SEO Onpage dan Offpage Blog

By | 19/01/2017

seo-onpage-offpage

Optimasi SEO pada blog merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh seseorang yang sedang dalam mengelola sebuah blog, baik itu seo onpage maupun seo offpage. dengan mengoptimalkan seo pada blog berarti telah mengupayakan semaksimal mungkin keberadaan blog di mesin pencarian, baik dengan tujuan untuk menjadi atau muncul dihalaman pertama maupun untuk mendapatkan pengunjung. secara sadar pastilah benar bahwa jika keadaan blog yang selalu dalam peringkat terbaik di mesin pencarian tentu akan menjadikan blog banyak dikunjungi. dan tentu peluang inilah yang akan menimbulkan dampak baik bagi blog itu sendiri, dengan kebanjiran pengunjung menjadikan anda menghasilkan uang dengan sebuah blog akan tercapai. oleh karena itu, mengoptimalkan SEO baik Onpage maupun Offpage perlu juga untuk diperhatikan, baik optimasi seo onpage dan offpage untuk blog platform blogger (Blogspot) atau platform WordPress.

Advertisements

Bicara tentang SEO tentu bukan hal yang baru, sedikit banyaknya sebuah pembahasan tentang blog maupun website akan selalu disuguhkan dengan hidangan yang tak pernah ketinggalan ini, yang selalu ada dalam artikel-artikel kebanyakan blog, karena SEO atau dikenal juga “Search Engine Optimization” adalah pendukung utama sebuah blog bersamaan dengan sebuah artikel yang berkualitas. Untuk itu cobalah perhatikan beberapa ulasan yang menyangkut tentang seo berikut serambi anda membuat blog baru.

Cara Optimasi SEO ONPAGE pada Blog Versi Zonever.com

Optimasi Seo Onpage atau mengoptimalkan mesin pencarian untuk sebuah blog baik blogspot maupun wordpress secara sederhana sangatlah mudah, namun jika anda mencari optimasi yang sulit diblog lain mungkin banyak. Untuk itu di sini di Blog Zonever.com akan menyampaikan secara sederhana yang semoga bisa di pahami.

1. Optimasi Seo Onpage Pertama

Hal penting dari semua yang penting untuk mengoptimalkan seo onpage adalah keyword atau kata kunci, oleh karena itu pilih kata kunci yang menjadi acuan dari awal membuat sebuah blog. hal ini seperti ketika anda menentukan sebuah topik blog.

Contohnya, anda ingin membuat sebuah blog bertema lowongan kerja, maka kata kunci acuan anda adalah Lowongan kerja, atau ingin bertema hiburan seperti lirik lagu, maka acuan anda adalah lirik lagu, begitulah tema-tema yang lainya.

Oleh karena itu untuk Optimasi seo onpage pertama yang perlu anda terapkan adalah memilih nama domain yang disertai kata kunci atau keyword dan tentu melengkapinya dengan Judul dan deskripsi blog yang menjanjikan yang sesuai dengan arah kemana blog anda berbicara atau membahasnya.

2. Optimasi Seo Onpage Kedua

Dalam langkah Optimasi kedua ini adalah tentang kelengkapan atribut blog, baik itu title tag, Meta deskripsi, maupun Breadcrumb atribut, atau pengkodean lainya yang berada dalam template blog. Untuk melengkapinya anda yang masih awam dalam hal ini bisa dicukupkan dengan menggunakan Template yang memiliki fitur seo frindly.

Untuk memiliki template Seo tersebut akan anda jumpai jika anda mencarinya di mesin pencarian, baik yang gratis atau yang berbayar.  Karena biasanya template yang seo frindly lebih mudah digunakan dan pengaturanya pun akan disertakan oleh sipembuatnya langsung.

3. Optimasi Seo Onpage Ketiga

Advertisements

Optimasi Seo Onpage tahap ketiga bisa anda lakukan dengan memaksimalkan artikel yang ada diblog anda, sebagai seorang blogger sejati tentu membuat artikel berkualitas adalah moto dalam benak yang harus diterapkan. dengan begitu blog anda akan menjadi pilihan hati sang pengunjung setia.

Sebenarnta telah saya paparkan di artikel “Dapatkan Uang di Kontes SEO Pertamina Blog Competition” beberapa waktu lalu. namun berikut penerapan untuk optimasi Seo on page pada artikel anda secara garis besarnya.

Contoh Seo Onpage artikel blog dengan Kata kunci atau keyword membuat blog seo onpage

1. Dalam artikel di blog anda minimal harus mengandung 7 kata kunci atau keyword yang ingin anda targetkan. yakni “Membuat Blog Seo Onpage”
2. Buatlah 1 keyword unik bergaris miring. seperti “Membuat Blog Seo Onpage
3. Buatlah 1 keyword unik bercetak tebal. seperti “Membuat Blog Seo Onpage
4. Buatlah 1 keyword di awal atau judul kalimat postingan anda.
5. Buatlah 1 keyword di akhir atau penutup postingan anda.
6. Buatlah 3 keyword yang berada di awal paragraf masing-masing ber tag H1, H2 dan H3, untuk mengetahui apa itu H1,H2,dan H3 silahkan berburu infonya di mbah Google untuklebih jelasnya, namun ketika anda menggunakan template yang Seo frindly yang memiliki pengaturan tag H1, H2 dan H3 dengan baik, tidaklah perlu untuk mengutak atik kembali.
7. Buatlah tag pada image di postingan anda (ALT=Keyword) dengan memberikan tanda min(-)untuk nama imagenya.  Contohnya: membuat-blog-seo-onpage-dan-offpage
8. Buatlah minimal 3 link yang mengarah ke dalam postingan yang kita inginkan.
9. Minimal buatlah artikel sebanyak 500 kata. Jika menggunakan blogspot, copy artikel dan pastekan di situs “smallseotools.com“, selain bisa mengecek jumlah kata, anda juga bisa mengecek keunikan artikel yang kamu buat, semakin unik tentu akan semakin baik.
10. Judul postingan dan permalink harus didahului atau mengandung keyword. Contohnya: dalam artikel ini “http://www.zonever.com/cara-seo-onpage-offpage-blog/”

Itulah Optimasi SeoOnpage versi zonever.com yang sederhana nan bersahabat tentunya.

Cara Optimasi SEO OFFPAGE pada Blog Versi Zonever.com

Untuk Optimasi Seo Offpage pada blog merupakan optimasi yang dilakukan diluar dari blog, oleh karena itu anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut untuk mencobanya.

1. Mendaftarkan Situs Web atau Blog ke Google, Yahoo dan Bing

Cara ini tak lain adalah mensubmit Sitemap Blog kita di Webmaster Tools Google dan Bing, karena dengan mendaftarkan sitemap atau peta situs kita di webmaster tools akan memudahkan mesin pencarian merayapi blog kita, tentu anda harus mendaftarkan dahulu blog terkait.

Untuk Webmaster Tools Google anda hanya cukup login melalui akun gmail, jika belum memiliki akun gmail, cobalah untuk membaca artikel tentang cara membuat akun gmail terlebih dahulu, namun jika telah memiliki anda cukup tuju alamat Webmaster Tools Google untuk memulainya. dan untuk mesin pencarian Bing dan Yahoo, anda cukup mensubmit sitemap anda di Bing saja, karena bing dan yahoo adalah gabungan aliansi penelusuran.

Untuk Mensubmit sitmap di bing anda memerlukan akun Microsoft, maka buatlah dahulu akun microsoft untuk dapat log in di Bing Webmaster Tools sesuai akun microsoft anda.

Lebih Lengkapnya Baca: Cara Submit Website, Blog ke Webmaster Tools Google dan Bing Search Console

2. Share di jejaring sosial

Sebagai langkah lain untuk Optimasi Seo Offpage, jejaring sosial adalah pilihan terbaik. dimana dengan membagikan konten atau artikel dari blog yang kita kelola di jejaring sosial akan menjadikan blog memiliki peringkat terbaik di mesin pencarian, karena dari sumber jejaring sosial juga memiliki dampak yang sangat baik, tentu jika yang telah kita bagikan melalui jejaring sosial bekerja dengan baik, dengan kata lain link tersebut di klik oleh pengguna jejaring sosial.

3. Mencari Backlink

Membangun Seo Offpage dengan Backlink merupakan poin tambahan yang tak kalah penting untuk diterapkan, dimana link blog yang kita kelola berada di blog atau artikel blog orang lain, dengan sumber dari blog yang bagus akan menjadikan blog yang kita kelolapun akan menjadi bagus, namun jika backlink yang kita buat atau cari bersumber dari situs atau blog yang berisi copypaste malah akan berakibatburuk.

Kesimpulan dari pembahasan “Optimasi SEO ONPAGE dan OFFPAGE pada Blog” bisa dilakukan dengan mudah, untuk Seo Onpage bisa disempurnakan dengan hanya penggunaan template blog yang seo friendly, dan untuk Optimasi Seo Offpage bisa dilakukan secarabertahap, mengigat untuk memaksimalkan seo offpage langkah bertahap adalah senjata untuk membuat blog menjadi lebih baik di Serp Engine, baik Google, Yahoo, dan Bing.

Advertisements

8 thoughts on “Cara Optimasi SEO Onpage dan Offpage Blog

  1. Shanti

    Dengan ikut panduan ini artikel posting saya seperti roket.

    Saya ingin tanya apa internal link boleh 10 dan link eksternal 5, dalam satu posting

    Terimah kasih

    Reply
    1. zonever Post author

      Alhamdulillah kalau membantu postinganya serasa roket… untuk link internal adabaiknya mengikuti berapa panjang artikel, standar yang bisasa saya gunakan hanyalah 3-5 link, untuk eksternal terserah berapa link, tapi perlu menggunakan tag nofollow… namun jika eksternal link untuk backlink ada baiknya seminimal mungkin…

      karena sebuah blog ibarat kata adalah sebuah wadah, dimana eksternal link adalah lubang celah… semakin banyak lubang celah maka semakin buruk wadah tersebut…

      semoga membantu.

      Reply
  2. Fandy Alhuda

    ijin share ke G+ ya mas, karena menurut saya article nya sangat bermanfaat dan sangat lah mudah untuk di mengerti

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *