Cara Mengganti Blogspot.com dengan Domain TLD (Custom Domain)

By | 22/02/2017

cara-mengganti-domain-blogspot-com-dengan-domain-tld

Cara Mengganti Sub Domain Blogspot.com dengan Domain TLD (Top Lavel Domain) baik domain .com, .net, .org, .id, dan domail TLD lainya yang Gratis maupun yang Berbayar sebenarnya sangatlah mudah, karena mengganti domain sendiri atau Custom Domain baik dari penyedia layanan web Hosting manapun secara garis besar hampirlah sama. Seperti halnya yang telah diketahui dari beberapa penyedia layanan web hosting yang ada di indonesia menyediakan layanan Managed DNS untuk setiap pembelian Domain TLD.

Advertisements

Domain blog yang menggunakan layanan gratis dari platform blogger cenderung domainya selalu berSub Domain Blogspot.com, oleh karena itu kesan profesionalisme dengan penggunaan platform blogger lebih kurangnya masih mengacu pada diri blogger amatiran. untuk itu agar blog yang bersub domain blogspot.com terkesan profesional, perlakuan mengganti nama domain blogspot dengan domain sendiri (Custom Domain) TLD ketika membuat blog baru di blogspot baik anda yang masih pemula bisa diterapkan agar blog lebih profesional.

Mengganti Domain dengan fitur tambahan managed dns yang disediakan oleh penyedia layanan web hosting yang ada di indonesia memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mengatur DNS records pada domain anda secara penuh. karena DNS Record atau Catatan DNS domain adalah data yang menyajikan pemetaan dan pengalamatan sebuah nama domain internet, baik itu A record yang digunakan untuk mengarahkan domain ke alamat IP tertentu, atau CNAME record (membuat alias untuk nama domain) yang digunakan untuk mengarahkan beberapa domain atau subdomain ke webhosting yang sama. misal untuk mengarahkan www.zonever.com ke zonever.com (tanpa www). oleh karena itu, ketika memasukkan A record dan CNAME pada fitur Managed DNS perlu diperhatikan agar nama domain blog blogspot ke Domain TLD tidak terjadi kegagalan atau erorr.

Cara Mengganti Blogspot.com ke Domain TLD (Custom Domain)

1.  Daftar dan cari nama domain di Penyedia layanan web hosting

Untuk memulai mengganti nama domain blogspot ke domain TLD yang perlu diutamakan adalah mendaftarkan nama domain yang anda inginkan di beberapa penyedia web hosting, tentu pilihlah nama domain tld yang masih belum pernah digunakan oleh pihak manapun, hal ini agar anda mudah untuk melakukan order, dan tentu yang memiliki harga domain murah untuk lebih terjangkau.

Tahapan untuk mendaftarkan nama domain di penyedia layanan web hosting umumnya adalah

Cari Domain -> Order Domain -> Bayar Domain -> Domain Aktive.

2. Memasang Nama Domain Di Blogspot untuk Mengetahui CNAME-nya

Setelah menyelesaikan pembayaran nama domain di penyedia layanan web hosting dan domain telah aktiv, selanjutnya menuju ke dashbord Blogspot.

Masuk ke menu “Setelan” -> “Dasar” setelah itu klik “+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda

Masukkan Nama domain sobat di Kolom kotak seperti www.namadomain.com, setelah klik simpan akan muncul pesan Erorr seperti gambar berikut.

Catat CNAME blog

www :ghs.google.com

cllb6md4e3dw :gv-ssy5uhxx22rk4v.dv.googlehosted.com

Setiap Masing-masing Blog CNAME-nya Berbeda.

3 . Setting Managed DNS Domain di Client Area Penyedia Layanan Web Hosting

Setiap setting DNS di penyedia Layanan mungkin memiliki perbedaan tampilan, namun dari beberapa langkah masihlah memiliki kesamaan.

Penyedia Layanan Rumah WEB

Log in ke Client Area -> Klik List Domain -> Kelola Domain -> DNS Management

Memasukkan CNAME blog dengan Benar di DNS Management

KLIK Add New Record lalu Masukkan CNAME Blog Masing-masing

– CNAME 1

 

Keterangan :

Domain : Masukan kode “Nama” (contoh : masukkan “WWW“)
TTL : Biarin aja seperti itu (14400)
Record Type : Pilih CNAME
Hostname : Masukan kode “Tujuan” (contoh : masukkan “ghs.google.com“)

– CNAME 2

Advertisements

Keterangan :

Domain : Masukan kode “Nama” (contoh : masukkan “cllb6md4e3dw“)
TTL : Biarin aja seperti itu (14400)
Record Type : Pilih CNAME
Hostname : Masukan kode “Tujuan” (contoh : masukkan “gv-ssy5uhxx22rk4v.dv.googlehosted.com“)

4 DNS Records tambahan

Memasukkan DNS Records tambahan, yakni

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Caranya

Keterangan :

Domain : Kosongin
TTL : Biarin aja seperti itu (14400)
Record Type : Pilih A
IP or Hostname : Masukan 216.239.32.21

klik lagi tombol “Add Record” untuk menambahkan 3 DNS Records lainya.

Kuranglebih lengkapnya seperti gambar berikut:

4. Memasang Nama Domain Di Blogspot dengan Domain TLD dengan Benar

Setelah tahap demi tahap telah dilakukan untuk mengganti nama domain blogspot.com dengan domain tld, yang terakhir perlu dilakukan adalah kembali memasukkan nama domain di settingan nama domain di blog. dengan cara

Masuk ke menu “Setelan” -> “Dasar” setelah itu klik “+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda

Masukkan nama domain di kolom kotak http:// seperti tahap kedua, jika tidak terjadi erorr seperti sebelumnya, maka pengalihan nama blog yang bersub domain blogspot.com akan dialihkan ke nama domain tld.

5. Mengalihkan Domain tanpa WWW ke domain dengan WWW

Untuk menghindari erorr ketika blog diakses melalui www atau tanpa www, pengaturan yang sederhana ini bisa digunakan, berikut gambarnya.

Kesimpulan:

Untuk Mengganti Blogspot.com dengan Domain TLD (Custom Domain) baik itu .com, .net, .org, atau yang lainya yang perlu diperhatikan adalah ketepatan id CNAME blog pada saat input di managed dns penyedia layanan web hosting, karena jika keliru sedikit dari id yang tercantum akan mengakibatkan domain blogspot gagal di alihkan ke domain tld.

Baca Juga artikel “Cara Optimasi SEO Onpage dan Offpage Blog” untuk mengoptimalkan blog di mesin pencarian agar memiliki peringkat terbaik.

Advertisements

2 thoughts on “Cara Mengganti Blogspot.com dengan Domain TLD (Custom Domain)

    1. zonever Post author

      Ma’af, saya tidak menyediakan space iklan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *